//
you're reading
Hanya Opini, Jendela Islam, Opini, Pendidikan, Tips

AMBAK “Apa Manfaatnya Bagi-Ku”

Di kesempatan ini, yang masih di suasana Hari Raya Idul Fitri, saya ingin mengucapkan Taqobbalallahu minna wa mingkum, Sebagaimana kebiasaan orang – orang saleh terdahulu (Salafussaleh).

Di tulisanKU yang pertama setelah Bulan Ramadhan 1433 H saya beri judul AMBAK “Apa Manfaatnya Bagi-Ku”. Sebuah kata yang kudapat saat membaca salah satu buku Setia Furqan Khalid

Seseorang akan termotivasi dan bersemangat melakukan sesuatu hal ketika ia mengetahui apa manfaat atau keuntungan  yang akan ia dapatkan ketika melakukannya.

Contoh sederhana, seseorang akan termotivasi bekerja keras untuk mendapatkan uang, karena ia tahu bahwa dengan mendapatkan uang maka kita bisa memenuhi kebutuhan kita sehari –hari.

Bagi saya pribadi AMBAK bagaikan additional power. Bagaimana tidak, ia mampu memberikan tenaga lebih maupun pendorong semangat kepada kita untuk melakukan suatu pekerjaan.

Selain memberikan manfaat besar dalam kehidupan dunia, AMBAk juga bisa memberikan dampak yang besar bagi kita dalam menjalankan aktivitas ibadah sebagai bekal di akhirat kelak.

Banyak pemeluk agama Islam yang bermalas – malasan dalam menjalankan suatu perintah atau aktivitas ibadah dikarenakan ia tidak mengetahui apa manfaat di balik aktivitas yang ia lakukan.

Jika saja kita tahu bahwa Al-qur’an kelak akan datang memberikan safaat di hari kiamat bagi para sahabatnya (orang yang rajin membaca dan mengaplikasikannya), Jika saja kita tahu pahala besar di balik sholat berjamaah di mesjid, jika saja kita tahu pahala besar di balik shaf – shaf terdepan saat sholat berjamaah, jika saja kita tahu keutamaan bagi para penuntut  dan pengajar Ilmu Agama, jika saja kita tahu pahala besar di balik langkah kaki menuju mesjid, jika saja kita tahu pahala besar yang menanti bagi orang – orang yang berpuasa, jika saja kita tahu pahala bagi orang – orang yang bersemangat menegakkan sunnah – sunnah Rasulullah.

Tentu saja dengan mengetahui manfaat besar di balik semua aktivitas – aktivitas ibadah kita, tentu saja kita akan bersemangat untuk melaksanakannya, bahkan merasa sangat rugi jika tidak melakukannya.

Wallahu ‘alam, Semoga bermanfaat kawan – kawan! 😀

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

9 thoughts on “AMBAK “Apa Manfaatnya Bagi-Ku”

  1. kesadaran kita untuk tahu dan merasakan manfaat dari segala aktifitas yang kita lakukan membuat aktifitas tersebut semakin bermakna… tidak sekdar taklid saja..

    Posted by Gusti 'ajo' Ramli | August 28, 2012, 12:13 am
  2. setuju Akhy, kalo kita semua tahu apa hasil dari amalan, semua orang menjadi baik, tapi itulah ujiannya…..

    Posted by cumakatakata | August 28, 2012, 12:31 am
  3. Dengan ini semoga akan bisa menambah semangat kita untuk lebih mengkaji dan memahami ajaran yang tersurat dalam Al-Qur’an dan sunah rosul demi kebaikan diri,sesama umat dan alam lingkungan dimana kita berada.

    Salam saudaraku.. 🙂

    Posted by SanG BaYAnG | August 28, 2012, 6:31 am
  4. saya ikut nyimak ya

    Posted by Ely Meyer | August 29, 2012, 1:33 pm

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: