//
you're reading
Hanya Opini

KEEGOISAN PECANDU ASAP

Sudah lama sekali rasanaya saya tidak memposting tulisan baru. Ada banyak alasan tentunya mengapa hal itu terjadi, salah satunya adalah kegiatan di dunia nyata yang lagi padat-padatnya. Saya salut buat teman-teman lain yang mungkin punya seabrek kesibukan yang lebih dari pada saya namun tetap mampu menggoreskan tulisan-tulisannya.

Kesempatan kali ini saya mau posting tentang ceramah jum’at dua pekan lalu. Udah lama memang tapi tidak apa-apa. Sang khotib saat itu menyinggung masalah waktu dan pecandu rokok. Tapi saya mau singgung tentang rokok aja (walau mungkin agak sensitif) ^_^.

Beliau waktu itu mengatakan dihadapan puluhan dosen dan mahasiswa bahwa perokok itu orang yang egois. Mengapa? Karena menikmati rokok sendiri-sendiri, tapi penyakit-Nya bagi-bagi.

Perokok asyik sendiri menghabiskan sebatang rokok sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama, namun kadang lupa bahkan acuh dengan orang lain yang ada disekitarnya yang bukan perokok. Padahal nikmati adalah sebungkus makanan mungkin akan dapat dinikmati oleh setiap orang yang ada disekitarnya.

Ayah yang perokok pun tak lupa disinggung oleh sang khatib. Beliau berujar bahwa ayah yang perokok sungguh sangat egois karena rokoknya hanya ia yang menikmati sendiri. Padahal seandainya uang untuk rokok tersebut dibelikan keperluan yang lain ,misalnya makanan, yang lebih bermanfaat tentu saja akan dapat dinikmati bersama-sama dengan istri tercinta dan anak tersayang.

Saya pribadi sebagai orang yang tidak merokok tentu saja manggut-manggut saja mendengar sang khatib, dan tentu saja apa yang disampaikan oleh beliau menjadi bahan penguat bagi saya ketika kelak berdebat kusir dengan para perokok.

Yang membuat saya penasaran adalah pendapat dari teman-teman perokok yang mendengar khutbah hari itu di mesjid kampus. Apakah khutbah tersebut akan menjadi bahan renungan buat mereka ataukah menjadikan mereka lebih kreatif lagi dalam membuat argument-argumen untuk membenarkan kebiasaan buruknya itu.

 

image source : rtn-alwaysforyou.blogspot.com

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

6 thoughts on “KEEGOISAN PECANDU ASAP

  1. tidak merokok menghemat banyak sekali uang ya..

    Posted by rahassia | May 10, 2012, 2:00 am
  2. bener banget gan..

    Posted by cumakatakata | May 11, 2012, 10:46 pm
  3. Betul sekali…salam kenal gan..

    Posted by H Onnie S Sandi SE | May 24, 2012, 4:21 pm

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: