//
you're reading
Bahasa Indonesia

TEKHNIK PENGEMBANGAN PARAGRAF

1. Pengembangan dengan klasifikasi

Pengembangan dengan klasifikasi yang dimaksud dalam hal ini adalah pengembangan paragraph dengan cara mengklasifikasikan atau mengelompokkan masalah yang dikemukakan. Dengan klasifikasi itu diharapkan pembaca dapat lebih mudah memahami informasi yang disajikan. Contohnya sebagai berikut:

Masa remaja adalah masa-masa yang menyenangkan sekaligus berat. Di usia ini remaja terkadang menghadapi berbagai macam masalah yang harus dihadapinya.menurut intensitasnya, rentangan remaja bermasalah dapat digambarkan kedalam tiga kategori utama. Pertama, bermasalah wajar yang berkaitan dengan cirri-ciri masa remaja. Kedua, bermasalah menengah yang berkaitan dengan tanda-tanda bahayanya. Ketiga adalah bermasalah taraf kuat yang mencakup bermasalah yang pasif dan bermasalah yang agresif.

2. pengembangan dengan defenisi

Pengembangan dengan defenisi adalah suatu model pengembanagan paragraf yang dilakukan dengan cara memberikan defenisi atau pengertian terhadap masalah yang sedang dibahas. Contohnya sebagai berikut:

Masa puber adalah masa transisi dan tumpang tinfih. Dikatakan transisi sebab pubertas berada dalam peralihan antara mas kanak-kanak dengan masa remaja. Dikatakan tumpang tindih sebab beberapa cirri biologis dan psikologis kanak-kanak masih dimilikinya, semenara beberapa cirri remaja jiga telah dimilikinya. Jadi, masa puber meliputi tahun-tahun akhir masa kanak-kanak dan thun-tahun awal masa remaja

3. pengembangan dengan analogi

Analogi adalah suatu bentuk perbandingan dengan cara menyamakan dua hal yang berbeda, tujuanlah adalah untuk memperjelas gagasan yang diungkapkan. Contohnya sebagai berikut:

Otak manusia bagaikan sebuah mata pisau. Apabila pisau tersebut sering digunakan dan senantiasa diasah, maka kemampuannya dalam memotong benda akan semakin tajam pula. Namun sebaliknya, bila pisau tersebut jarang digunakan dan tidak pernah diasah maka kemampuannya dalam memotong benda semakin lama semakin berkurang. Demikian halnya dengan otak manusia, jika sering dilatih dalam mengerjkan tugas-tugas maka kemampuan otak manusia akan semakin hebat dalam berpikir. Begitu pula sebaliknya, jika jarang dilatih untuk mengerjakan soal-soal latihan maka kemampuannya tidak akan terasa dan semakin lama-semakin berkurang (tumpul)

4. pengembangan dengan contoh

Pengembangan dengan contoh adalah pengembanga paragraf yang dilakukan dengan cara memberikan beberapa contoh sebagai penjelas gagasa yang diungkapkan. Hal ini digunakan dalam menjelaskan masalah yang sfatnya sangat umum. Contoh sebagai berikut:

Manusia selain sebagai konsumen bagi barang dan jasa juga merupakan sumber daya yang membawa manfaat besar bagi masyarakat apabila kemampuannya dimanfaatkan secara maksimal sebab manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan diberikan kelebihan berupa kecerdasan dan hati nurani. Negara-negara yang memiliki sumber daya alam yang kurang, Misalnya, Jepang dan Singapura, Negara ini memiliki ketrbatasan dalam hal sumber daya alam tetapi mereka sumber daya manusia yang berkualitas sehinnga dapat menjadi negara yang menguasai perekonomian dunia.

5. pengembangan dengan fakta

Pengembangan dengan fakta merupakan suatu tekhnik pengembangan paagraf dengan melakukan penyertaan sejumlah fakta atau bukti-bukti untuk memperkuan gagasan atau pendapat yang dikemukakan. Contoh:

Produksi limbah padat naik secara signifikan selama lima tahun terakhir. Pada tahun 2000, Jakarta saja menghasilkan 24.000 m3 sampah per hari, yang diperkirakan akan berlipat ganda hingga tahun 2010. Di Indonesia, sekitar 15-20 persen dari limbah dibuang secara baik dan tepat, sisanya dibuang di sungai dan kali, menciptakan masalah banjir. Diperkirakan 85 persen dari kota-kota kecil dan lebih dari 50 persen kota berukuran menengah secara resmi membuang limbah mereka di tempat-tempat terbuka.

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: