//
you're reading
Opini

Menjadi Mahasiswa yang Berbeda

Ya … jadilah yang berbeda jangan menjadi  mahasiswa kebanyakan. Ketika mahasiswa kebanyakan saat ini makan nasi maka anda harus makan rumput. ^_^’

Judul di atas tidak seperti itu tafsirannya, melainkan kita tafsirkan kepada sesuatu yang positif, dari sudut pandang penulis secara pribadi.

Oke saya akan membawa anda sejenak menyelami alam pikiran saya tentang mahasiswa. Menjadi seorang mahasiswa bagi ku pribadi adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Betapa tidak, dengan menyandang status sebagai seorang mahasiswa kini saya dapat lebih berperan aktif dalam lingkungan sosial masyarakat dimana saya berada. Orang-orang tua yang dulunya memandang dengan seperempat mata kini mulai memandang dengan sebelah mata. Setidaknya ada peningkatan dari seperempat menjadi seperdua.

Mahasiswa yang ideal bagiku bukanlah mahasiswa yang mampu berteriak lantang di jalan-jalan, sembari menghadang kendaraan dan mengganggu jalannya arus lalu lintas, tapi bagiku mahasiswa yang ideal adalah mereka yang mampu berkontribusi positIf dan nyata bagi diri, teman, dan lingkungan dia berada walaupun kontribusi yang diberikan tidaklah begitu besar.

Taruhlah contohnya membuang sampah TIDAK disembarang  tempat, ini adalah salah satu aksi nyata seorang mahasiswa untuk menyelamatkan lingkungan dari kerusakan. Contoh lain adalah datang lebih dahulu dari pada dosen di ruang perkuliahan. Ini juga adalah contoh nyata yang mungkin bagi kebanyakan orang adalah sesuatu yang sepeleh. Namun bagiku disiplin sejak dini, mulai dari bangku perkuliahan, adalah salah satu cara dari sekian banyak cara untuk membentuk manusia Indonesia yang berkarakter.

Sekali lagi kawan-kawan mungkin dua hal di atas adalah sesuatu yang kecil dan sangat sederhana bagi kebanyakan orang sehingga tidak terlalu dipikirkan oleh kita. Namun hal kecil di atas ternyata tidak semua orang mampu melakukannya dan perlu kita sadari bahwa segalanya harus dimulai dari sesuatu yang kecil. Ketika kita kebanyakan pada hari ini GAGAL dalam hal KECIL DAN SEDERHANA maka mustahil rasanya dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi bangsa ini.

Entah mengapa saya rasanya tidak pernah tertarik bergabung dalam aksi yang dilakukan oleh teman-teman mahasiswa. Mungkin karena aksi mereka bagiku adalah sebuah pertunjukan teaterikal belaka yang tidak sesuai dengan pribadi kebanyakan dari mereka. Tapi yang pasti saya punya cara yang berbeda untuk memberikan andil yang terbaik bagi negriku yang kucinta ini.

tulisan ini hanyalah opini pribadi kawan-kawan, bagi yang punya opini berbeda silahkan beri komentar dan berbagi kepada kami.

WALAU SUARAKU TAK SELANTANG GENDERANG PERANG,

KU YAKIN DENGAN PASTI KAWAN-KAWAN,

KONTRIBUSIKU YANG DIANGGAP SEPELEH TAK KALAH GARANG !!!

picture source from : hariez-zona.blogspot.com

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

6 thoughts on “Menjadi Mahasiswa yang Berbeda

  1. bagimana bisa buang sampah pada tempatnya,, tempat sampahnya saja tidak disediakan,,,
    heheheeheh………
    ( tulisannya kereeeennnnnn, saluuttt)

    Posted by suhena masni | March 12, 2012, 9:16 pm
  2. stuju sob, yg hrs skrng dilakukan para mahasiswa tu bkan brtriak lantang tp brkontribusi positif yg lantang.
    toh nyata’a aksi d jalan jg kbnykan adalah gerakan politik bwah tanah sbigan pnguasa. 🙂

    Posted by Marczumi Rumambay | March 13, 2012, 2:32 am

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: