//
you're reading
indonesia, Indonesia Timur, Jendela Islam, Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Pendidikan, Sejarah, suku Makassar, Sulawesi Selatan

“Suku Makassar” Orang Indonesia Pertama yang Ke Thailand

Dari hubungan kedua masyarakat, muncullah jejak-jejak keberadaan satu komunitas masyarakat di masyarakat lainnya. Jejak komunitas Indonesia di Thailand tercatat mulai muncul di abad ke-17.  Dahulu sekelompok orang dari Makassar sempat tinggal Bangkok. Wilayah tempat mereka tinggal di Bangkok sekarang dikenal dengan nama distrik Makassan (dalam bahasa Thai huruf “r” dan “l” yang berada di akhir kata diucapkan menjadi “n”). 

Kalau keberadaan orang Makassar di Bangkok dapat disebut sebagai gelombang pertama terbentuknya komunitas Indonesia di Thailand, maka gelombang ketiga adalah kedatangan romusha dan heiho dari Indonesia yang dibawa secara paksa untuk kepentingan Perang Dunia ke-2. Para keturunan romusha dan heiho inilah yang kemudian semakin memperbesar komunitas orang Jawa di Bangkok sehingga membentuk “Kampung Jawa”. Mereka bahkan memiliki “Masjid Jawa” atau penduduk sekitar menyebutnya “Surau Chawa”.

kutipan di atas saya dapatkan dari blog.deplu.go.id. sumber tersebut memberikan informasi tentang komunitas Indonesia Thailand yang sudah berlangsung sejak abad ke-17 dan yang membuat saya bangga adalah orang Indonesia pertama yang berkunjung ke sana adalah orang-orang Makassar.

baca selengkapnya di sini

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

One thought on ““Suku Makassar” Orang Indonesia Pertama yang Ke Thailand

  1. allahuakbar….

    Posted by I Daengta Maloasa Karaeng Manjakkalak | November 10, 2012, 8:59 pm

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: