//
you're reading
Umum

Menengok Sejarah, Ada banyak Kisah dan pelajaran yang syarat Hikmah

Saudaraku karena Allah, mari sejenak menengok Sejarah yang semoga dapat membuka khazanah pengetahuan dan kerinduan kita tentang Islam. Ulasan ini sebagian besar diambil dari Ceramah Dr. Khalid Basalamah, M.A pada Kelas Siroh Nabawiyah di AQL Tv

Islam dibawah kepemimpinan Umar Bin Khattab pernah memimpin 2/3 wilayah bagian Dunia, yang membentang dari Eropa, Afrika, Hingga Asia.

Dimasa itu, Ekonomi, Politik, Sosial, dan Keamanan berjalan stabil dan hampir tanpa kendala. Semua tunduk dibawah kekuasaan Islam,yang pemimpinnya pada waktu itu (Umar Bin Khattab) hanya beralaskan pelepah kurma. Jauh dari kemewahan dan keglamoran sebagaimana lazimnya para Raja.

Sedikit gambaran tentang dahsyatnya pasukan kaum muslimin dibawah kempimpinan Umar Bin Khattab Radihallahu anhu. Di masa 6 bulan awal kepemimpinannya Ia mengirim 8.000 pasukan ke Negeri Syam (Palestina, Suriah, Yordania, dan Libanon) dan Turki (bagian Asia) yang pada waktu itu berada di bawah kekuasaan Byzantium Romawi. Dengan 8.000 Pasukan tersebut, kaum Muslimin dibawah komando Khalid Ibn Walid yang ditunjuk sebagai panglima perang mampu memporak-porandakan 250.000 Pasukan Romawi. Bayangkan, 8000 pasukan kaum muslimin mampu menghancurkan kekuatan dahsyat 250.000 pasukan Romawi, yang pada waktu itu menjadi negeri Super power. SEJARAH ROMAWI MENCATAT ITU, KEKALAHAN PALING MEMALUKAN BAGI MEREKA di tahun 14 H, namanya Perang Yarmuk.

Kemudian 8000 pasukan tersebut di bawah komando Amru bin Ash bergerak ke Mesir, Tunis, AL Jazair, Maroko, dan Negara-negera Afrika lainnya, hingga terbukalah Afrika seperti yang kita lihat hari ini.

Selang beberapa bulan kemudian, Umar kembali mengirimkan pasukan Ekspansi. Kali ini menuju negeri Persia, Negeri Adidaya lainnya sebagaimana Romawi dimasa itu. Kali ini Saad bin Abi Waqqash yang menjadi panglima perang memimpin 12.000 kamu muslimin. Dan hasilnya sama pasukan kecil kaum muslimin mampu mengalahkan 250.000 Pasukan PERSIA.

Negri-negri Kaum Muslimin adalah negeri-negri yang sejahtera dan disegani, yang pasukannya mampu menggetarkan musuh-musuh hanya dengan mendengar namanya saja.

Hebatnya lagi, Tidak hanya kaum Muslimin yang merasakan kejayaan tersebut, Yahudi dan Nashrani, serta agama-agama para penyembah patung lainnya juga merasakan betapa nikmatnya berada pada naungan penguasa Muslimin. Bahkan di Spanyol muncul istilah “the Judaism Golden Age” atau masa keemasan Yahudi, dimana masa keemasan itu justru di dapatkan ketika mereka tunduk dibawah naungan Cahaya Islam.

Eropa pun bisa bercahaya setelah terpuruk berabad-abad dalam masa kegelapan dan kebodohan tidak lain dan tidak bukan setelah Islam sampai tiba di SPANYOL.

Pertanyaannya kemudian adalah, Mengapa hal itu bisa terjadi?

Apakah Umar dan para khulafaaurrasyidin yang setelahnya, pernah belajar Sosial Politik, Ekonomi, dan strategi Militer ke Eropa, Amerika, dan Negeri-negeri Lainnya. Jawabannya tentu tidak, Ini Murni dari ISLAM.

Dan tentu kuncinya adalah MEREKA tunduk dan berpegang pada 2 Kitab yang menjadi referensi utama kita, ALQURAN DAN SUNNAH!!!

SESUDAH MEREKA lahirlah kemudian dinasti-dinasti penguasa Islam lainnya mulai dari dinasti  Umayyah, Abbasiah, hingga Turki Utsmaniyah yang juga tetap disegani dan mampu menggetarkan kaum kuffar hanya dengan mendengar namanya, dan mengapa hal itu bisa bertahan, jawabannya tentu karena mereka masih tetap menjadikan Alquran dan Sunnah sebagai referensi Utama dalam menjalankan pemerintahannya.

Dan Lihatlah hasilnya, kurang lebih 1.200 tahun Ummat Islam merasakan masa-masa kejayaannya, menjadi Ummat yang disegani dan dihormati. Dan Kurang lebih 90 tahun kita merasakan keterpurukan dan kemerosotan akibat jauh dari Alquran dan Sunnah.

Lalu apa yang menghalangi kita untuk kembali merujuk pada Alquran dan Sunnah setelah bukti nyata yang telah terpampang dengan jelas dan telah tercatat dengan tinta emas dalam sejarah. Yang hingga kini tak ada satupun peradaban yang mampu menandinginya, BAHKAN EROPA hari ini pun bukanlah apa-apa jika kita membandingkannya dengan peradaban Islam di masa itu.

 

sekitar pukul 09.00 pagi WIB tanggal 4 Desember 2015 di Jawa Barat

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: