//
you're reading
Umum

Berkreasi dalam pembacaan Alquran dapat memicu fanatisme Bangsa.

Allah menciptakan kita dengan berbagai macam suku dan bangsa salah satu tujuannya adalah untuk membuktikan betapa kuasa dan hebatnya ia dalam mencipta.

Bukan malah fanatik dan saling bangga-banggaan, hendak menunjukkan Ras/suku/golongan/ kelompok kt lebih baik dari Ras/suku/golongan/ kelompok yg lain

Sehingga tdk tepat kt hendak menjadikan langgam jawa corak membaca Alquran di Indonesia, dgn alasan lebih meNUSANTARA, krn ini sama sj dengan fanatik bangsa/suku.

Bangsa Indonesia yg menjadi salah satu bangsa di Dunia ini punya ribuan bahasa daerah yg antara 1 bahasa dgn bahasa lainnya memiliki karakter dan corak yg sangat jauh berbeda,, padahal boleh jadi cuman saling berjauhan beberapa puluh kilometer aja.

Sulsel aja, udah berapa corak bahasa yg dimiliki, mulia dari makassar, bugis, enrekang, selayar..

Dan kadang makassar sj udah beda, misal antara Makassar lakiung di dataran rendah kab. Gowa dgn makassar konjo di dataran tinggi kab. Gowa, sudah memiliki dialek yg berbeda dan banyak memiliki perbedaan kata, padahal masih 1 kabupaten dan cuma terpisah beberapa kilometer aja.

Pembacaan ALquran dengan Langgam jawa merupakan perbuatan yang tidak pantas, karena ALlah memang menjadikan Alquran dengan berbahasa Arab, tidak perlu kita memaksakan dan berkreasi dengan bahasa kita masing-masing. hal tersebut bahkan dapat mengakibatkan perpecahan karena masing-masing bangsa bisa jadi bangga dengan dialeknya masing-masing.

Allahul musta’an

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: