//
you're reading
Catatan, Hanya Opini, indonesia, Pendidikan, Suara Daeng Sibali, Universitas Negeri Makassar

aksi MALING TERIAK MALING

unduhan

Tanggal 9 Desember dan 10 Desember diperingati sebagai hari anti korupsi dan hari HAM. Banyak kalangan yang kemudian turun kejalan memperingati hari penting ini, salah satunya adalah MAHASISWA.

Para pemuda intelektual ini turun ke jalan mengemukakan aspirasi mereka kepada para penguasa terkait dengan korupsi dan HAM. Aksi mereka seperti aksi-aksi sebelumnya, memacetkan jalan, membakar ban, merusak bangunan ataupun saling lempar dengan aparat atau warga.

Aksi yang paling kutunggu sebenarnya adalah orasi politik para demonstran terkait dengan kasus korupsi yang akhir-akhir ini banyak menjerat para elit politik penguasa. Aksi kecaman dan kutukan kepada para koruptor dengan lantang diteriakkan oleh para mahasiswa. Intinya bahwa korupsi di negara ini harus diberantas.

Hal tersebut memang sangat patut dilakukan oleh mahasiswa yang merupakan agent of change. Merekalah yang paling potensial membawa bangsa ini keluar dari sejuta permasalahannya. Tapi sayang seribu sayang, ibarat maling teriak maling, saat menjadi mahasiswalah praktek korupsi sebenarnya dipelajari sedikit demi sedikit. Tidak hanya praktek korupsi, praktek memanipulasi data pun disini dipelajari, dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana belajar berdialektika untuk berkelik dari dosa yang diperbuat. Sungguh sangat ironis…

Selanjutnya adalah aksi peringatan hari HAM, tuntutan para mahasiswa tentu saja adalah penegakan HAM yang selama ini kasus-kasus pelanggarannya banyak menuai kontroversi dan tidak jelas arah penyelesaiannya. Tapi sekali lagi, ibarat maling teriak maling, kasus pelanggaran HAM dari kacamata saya banyak terjadi saat Masa Orientasi mahasiswa baru dilaksanakan. Aksi perpeloncoan dan kekerasan seara fisik tak segan dilakukan, seolah mahasiswa baru bukanlah sosok manusia yang harus dihargai dan disayangi.

Ironis memang, tapi beginilah kenyataannya. Pertanyaannya adalah, akankah negeri yang kita cintai ini bisa bersih dari kasus korupsi dan kasus pelanggaran HAM? Masing-masing kita tentu tahu jawabannya…

wallahu ‘alam…

sumber gambar: http://www.tempo.co

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

4 thoughts on “aksi MALING TERIAK MALING

  1. pertanyaan yg sulit di jawab….
    semoga ke depan bisa gan…

    Posted by kangyaannn | December 10, 2012, 9:34 pm
  2. ironis memang

    Posted by Azym Jhe | December 12, 2012, 8:02 am
  3. tapi kan kalo yang masalah MOS itu..sbenarnya tujuannya baik loh..memberikan pelatihan mental bagi mahasiswa sehingga mereka bisa mandiri dan berjiwa pemimpin..???,,dalam hal ini mungkin caranya yang salah yaa..???
    #Entahlah..:D

    Semoga menjadi bahan perbaikan buat mahasiswa yang membacanya..:D

    Posted by Nur Indah Yusuf | December 29, 2012, 5:59 pm

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: