//
you're reading
Bimbingan Konseling, Catatan, Hanya Opini, Konseling, Mahasiswa, Pendidikan, psikologi Pendidikan, Suara Daeng Sibali

Mahasiswa BK Merah, Biru, dan Ungu

pemira-kaderisasi-lembaga-mahasiswaJudul di atas tidak bermaksud menkotak-kotakkan mahasiswa BK, akan tetapi kami mencoba menganalisis akar permasalahan dunia Bimbingan dan Konseling saat ini di Indonesia.

tulisan ini adalah pengalaman pribadi kami dan hasil pengamatan mahasiswa BK di Lingkup UNM Makassar sehingga sangat tidak cocok untuk digeneralisasikan ke seluruh mahasiswa BK se Indonesia.

Opini ini berangkat dari kenyataan bahwa banyak guru BK di Indonesia saat ini yang tidak mampu menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai konselor sekolah. Pertanyaannya adalah mengapa hal tersebut terjadi???

Tiap-tiap dari kita tentu saja punya alasan mengenai pertanyaan ini. Dan tentu saja akan beragam jawaban yang akan terlontar terkait dengan hal ini. Kami sendiri punya alasan tentang hal tersebut.

Perkiraan sementara kami adalah bahwa para mahasiswa yang kemudian menjadi guru BK di sekolah adalah mereka yang sebagain besar bukanlah  para mahasiswa-mahasiswa terbaik Bimbingan dan Konseling.

Sebagai informasi bahwa dalam opini ini kami membagi mahasiswa menjadi tiga level. yakni Mahasiswa Merah, Biru, dan Ungu

Mahasiswa Merah adalah mahasiswa yang senantiasa mempersiapkan dirinya menjadi seorang konselor dengan cara membekali dirinya dengan pengetahuan-pengetahuan seputar pendidikan dan konseling. Mereka sangat unggul dalam hal akademik namun juga aktif dalam kegiatan yang bersifat nonakademik namun kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas pribadi dalam rangka menunjang masa depan mereka.

Adapun mahasiswa Biruadalah mahasiswa yang memiliki banyak trade record yang baik di luar kegiatan akademik dan tidak hanya terpaku dalam kegiatan perkuliahan dalam kelas. Kebanyakan dari mereka menjadi fungsionaris-fungsionaris lembaga di tingkat jurusan/ program studi hingga universitas.

Yang terakhir adalah Mahasiswa Ungu, meraka adalah mahasiswa yang cenderung apatis dalam rangka mempersiapkan dirinya menjadi seorang guru pembimbing. Sayangnya mereka juga jarang, bahkan mungkin tidak pernah, sibuk dalam urusan-urusan yang bisa menambah kemampuan interaksinya dengan orang lain.

Setelah menyelesaikan proses pendidikan para mahasiswa terbaik di jurusan bimbingan dan konseling yang ada pada kategori Merah akan lebih bercita-cita menjadi seorang dosen (baca: guru di perguruan Tinggi) sehingga mereka akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang selanjutnya ketimbang langsung menjadi guru di sekolah. Sedangkan mahasiswa dari Kategori Biru akan memilih banting steer ke profesi lain salah satunya adalah terjun ke dunia politik dan Bisnis, hal ini karena mereka punya kemampuan interaksi yang baik dengan orang lain hasil belajar ketika masih menjadi mahasiswa. Hal ini tidaklah salah dan sekaligus membuktikan bahwa mereka adalah orang-orang berbakat. Sayangnya ia lebih memilih profesi lain ketimbang menjadi konselor sekolah

Yang tersisa dari mereka adalah para mahasiswa Ungu yang konsisten dengan cita-cita awalanya menjadi guru BK. Mahasiswa Unguini  sebenarnya tidak salah ketika tetap memilih menjadi guru BK karena memang landasan kependidikannya adalah bimbingan dan konseling. Yang salah kemudian adalah kurangnya pengalaman-pengalaman dari kegiatan ekstra di luar kegiatan akademik. Tentu saja kurang banyaknya pengalaman yang dimiliki oleh mereka akan berdampak buruk pada kinerja mereka sendiri saat menjadi guru BK.

Hal di atas tidaklah 100% benar. apalagi tulisan ini hanya opini singkat yang didasarkan pada pengalaman kami pribadi. tulisan ini berangkat dari sebuah keresahan tentang dunia Bimbingan dan Konseling saat ini. Apalagi semenjak panasnya isu kurikulum 2013 yang secara tersurat tidak menjelaskan tentang keberadaan serta fungsi bimbingan dan konseling.

sumber gambar : http://tinarbuka-aw.students-blog.undip.ac.id/

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: