//
you're reading
Bimbingan Konseling, Pendidikan, psikologi Pendidikan, Tugas Kuliah, Universitas Negeri Makassar

PEMBERIAN LAYANAN CARA BELAJAR EFEKTIF

disusun oleh M. Amirullah (Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling UNM Makassar 2010)

Belajar bagi siswa merupakan sebuah kewajiban. Hal ini mutlak dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam proses pembelajaran. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa terkadang siswa sulit untuk merasa nyaman dalam belajar karena mereka tidak mengetahui dengan baik cara belajar yang efektif. Salah satu tugas dari bimbingan dan konseling di sekolah adalah memberikan layanan informasi kepada siswa tentang cara-cara yang bisa ditempuh dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa tentang cara belajar yang efektif.

Kami dari kelompok 19 bertugas untuk mencari tahu seperti apa proses pemberian informasi cara belajar efektif di salah satu sekolah di Makassar, kali ini kelompok saya mendapat amanah ke SMK

Berdasarkan wawancara yang kami lakukan bersama dua orang guru BK, Ibu Hj. Hasnah dan Ibu Hj. Aisyah, bahwa program informasi cara belajar efektif di berikan di setiap jenjang kelas. Namun, tidak semua kelas di masuki untuk di beri layanan. Kelas yang dimasuki hanyalah kelas yang teridentifikasi rata-rata siswanya memiliki nilai rendah. Adapun indikator rendah tidaknya nilai rata-rata siswa dalam kelas di lihat dari hasil ujian semester yang di adakan.

Adapaun teknis pelaksanaan pemberian informasi cara belajar efektif adalah dengan memasuki kelas dan menyampaikan materi secara klasikal (ceramah) yang kemudian dilanjutkan dengan proses tanya jawab.

Cara lain yang digunakan oleh guru BK di sekolah tersebut adalah dengan memanggil salah seorang siswa yang dianggap telah sukses belajar di kelas tersebut untuk kemudian menyampaiakan cara belajar yang ia tempuh sehingga berhasil mendapatkan nilai yang baik di kelasnya.

Adapun follow up (tindak lanjut) dari siswa yang tetap dianggap kurang sukses dalam belajar, padahal upaya bimbingan dalam kelas telah dilakukan, adalah dengan memanggil siswa yang bersangkutan untuk proses konseling individual dalam rangka mengetahui faktor-faktor penyebab ia mengalami kesulitan dalam belajar.

Secara umum terlihat adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh guru BK di sekolah tersebut untuk melaksanakan proses layanannya dengan baik. Walau demikian, tetap saja selalu ada kendala yang menyertai proses layanan di BK di Sekolah tersebut. Salah satu kendala yang cukup memprihatinkan adalah tidak adanya jam khusus untuk layanan BK di kelas-kelas, sehingga layanan hanya di berikan ketika tidak guru mata pelajaran tidak masuk untuk mengisi jamnya. Setelah kami tanyai lebih lanjut ternyata alasan tidak adanya jam khusus BK di kelas adalah jadwal mata pelajaran yang padat. Sehingga jika jam layanan BK di masukkan maka siswa akan pulang terlalu siang.

Kendala lain yang dihadapi guru BK di sekolah adalah jumlah guru yang terbatas, saat ini memang di sekolah tersebut tersedia lima orang guru BK, namun hanya 3 yang berlatar belakang BK, sedangkan 2 lainnya non BK. Adapun jumlah murid yang ada di sekolah tersebut adalah 1072 orang. Artinya setiap guru BK harus melayani sekitar 300-an orang. Jumlah ini dua kali dari jumlah yang seharusnya yakni 1:150.

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

2 thoughts on “PEMBERIAN LAYANAN CARA BELAJAR EFEKTIF

  1. mngetahui cara bljr efektif dmpaknya akan mnghslkan hasil bljr yg optimal..

    Posted by bensdoing | October 14, 2012, 4:34 pm

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: