//
you're reading
Catatan, Daeng, Hanya Opini, Kisah, Mahasiswa

ARTIKEL UNTUK JURNAL ILMIAH

Tanggal 27 Januari 2012 kemarin DIKTI, Direkotrat Jenderal perguruan Tinggi,mengeluarkan surat yang konteksnya himbauan kepada seluruh Perguran tinggi negeri dan swasata agar memberlakukan beberapa ketentuan bagi mahasiswa S1, S2, S3 yang akan lulus pada jenjang pendidikannya.

Peraturan tersebut adalah :

1.       Untuk lolos program Sarjana harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah

2.       Untuk lolos program Magister harus telah menghasilkan makalah yang terbit pada junal ilmiah nasional yang diutakamakan terakreditasi Dikti.

3.       Untuk lulus program Doktor harus menghasilkan makalah yang diterima terbit pada jurnal internasional

selengkapnya bisa dilihat di bawah ini :

sumber gambar : http://dikti.go.id/

Sehubungan dengan itu saya kemarin, tanggal 26 Juni 2012, mengikuti kegiatan worksop “Mengenal Jurnal lebih Dekat .” pematerinya adalah Dosen Fisika UNM yang juga ketua UPT perguruan tinggi dan telah menulis artikel ilmiah yang diterbitkan oleh salah satu penerbit jurnal ilmiah di Jerman.

Sedikit banyak, saya tercerahkan tentang bagaimana menulis jurnal karena pemateri memaparkan presentasenya yang salah satu isinya adalah format penulisan karya ilmiah mulai dari tata cara  penulisan Judul, peneliti, hingga daftar pustaka.

Yang membuat saya lebih antusias lagi adalah pemateri yang dulunya adalah tetangga kompleksku. Tapi saya yakin beliau tidak mengenal saya karena waktu itu saya masih kelas 4 SD, tepatnya tahun 2002, Ketika beliau berangkat ke Australia untuk melanjutkan pendidikan meraih gelar doctor. Waktu itu pun saya tidak mengenal beliau.

Saya kemudian kenal beliau karena salah seorang anaknya adalah teman kelas ku di SD dulu, waktu itu anaknya juga ikut pindah ke Australia mengikuti orang tuanya.

BACK to Workshop.

Waktu yang singkat dari workshop membuat saya pribadi masih menemukan beberapa kendala, berkaitan dengan penulisan karya tulis ilmiah, yang belum saya ketahui cara mengatasinya. Saya harap kegiatan ini bisa di follow up untuk maksimalisasi hasil.

Olehnya itu saya berinisiatif melakukan kontak dengan Bapak Drs. Subaer, M.Phil., P.Hd baik melalaui telepon, jejaring sosial ataupun email. Tapi saying tak satupun cara tersebut yang kulakukan. Saya tidak punya nomor telepon beliau, akun facebooknya jarang di buka, kemudian e-mailnya saya juga tidak punya.

Rencananya saya ingin meminta bantuan salah seorang anak beliau, yang juga teman facebook saya, untuk mengirimkan alamat e-mail beliau kepada saya agar kami bisa melakukan komunikasi lebih jauh tentang artikel ilmiah ini. Tapi rencana ini urung saya jiuga saya lakukan karena agak ragu.

Semoga saja dalam waktu dekat ini saya bisa segera berkomunikasi dengan beliau, walau hanya lewat e-mail.

 

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

6 thoughts on “ARTIKEL UNTUK JURNAL ILMIAH

  1. wahhh… ide yang bagus dari DIKTI, untuk meningkatkan riset di Indonesia

    Posted by freezerfananta | June 28, 2012, 3:10 pm
    • Ia, peraturan ini memang diperlukan untuk sedikit memaksa para civitas akademika yang memang merupakan ilmuwan….

      tapi sayang, saya pribadi merasa kebijakan ini kurang sosialisasi, entahlah apakah dikti yang kurang mensosialisasikan atau universitas/ Fakultas/ Jurusan, tempat saya berada???

      kalau bukan inisiatif yang baik dari salah satu Lembaga Kemahasiswaan UNM yang mengadakan kegiatan ini, sy mungkin masih buta 100% tentang artikel yang harus diterbitkan dalam jurnal ilmiah…

      Posted by Amirullah Daeng Sibali | June 28, 2012, 4:50 pm
  2. untung saya sudah lulus.. gak perlu repot2 seperti ini.. 😀

    Posted by affanibnu | June 28, 2012, 7:56 pm
  3. menulis untuk di publikasi emang penting, semoga gak bikin menumpuk para mahasiswa aja lantaran gak bikin tulisan di jurnal…

    Posted by Noer | June 30, 2012, 9:41 pm

Mari Berikan Komentar

