//
you're reading
Hanya Opini, Opini, Pendidikan

Ngebut….!!!

“…Kecelakaan lalu lintas di Indonesia tercatat sebagai pembunuh nomor dua setelah penyakit TBC. Tak hanya itu,  Indonesia tercatat menduduki  urutan pertama jumlah kecelakaan lalu lintas diantara negara ASEAN.” (VIVAnews.COM, KAMIS, 29 APRIL 2010)

Menurut National Consultant for Injury dari WHO Indonesia (dikutip dari data Kepolisian RI) kecelakaan selama 2007 memakan korban sekitar 16.000 jiwa dan di 2010 meningkat menjadi 31.234 jiwa di Indonesia (http://oto.detik.com, Rabu, 30/11/2011)

Kutipan berita di atas adalah sebuah fakta yang kami dapat dari sebuah media berita online ternama. Fakta tersebut memang cukup mencengangkan melihat kecelakaan lalu lintas sebagai salah satu faktor terbesar penyebab kematian di Indonesia.

Ada banyak faktor memang pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya, salah satunya adalah pengendara kendaraan yang sering memacu kendaraannya di jalan raya tanpa berpikir panjang dan memikirkan akibat negatif yang mungkin timbul dari perilaku berkendara seperti itu.

Saya pribadi sebagai pengguna jalan raya dan pemakai kendaraan roda dua sangat merasakan hal tersebut, akan tetapi perilaku ugal-ugalan dari pengendara kendaraan, khususnya roda dua, akan semakin jelas terasa ketika kita mengendarai sepeda khususnya di pagi hari saat aktivitas kerja baru akan dimulai.

Di jam-jam seperti ini pengendara kendaraan seperti kesetanan mengendarai motornya, walaupun tidak semua diantara mereka seperti itu. Hal tersebut mungkin disebabkan karena memburu waktu untuk datang tepat waktu di tempat tujuan.

Keinginan kuat untuk sampai tepat waktu di tempat tujuan membuat mereka sekan lupa bahwa nyawanya Cuma satu, parahnya lagi sepertinya mereka tidak bernalar bahwa ada akibat fatal yang dapat terjadi akibat ulah mereka yang seenaknya saja memacu kendaraannya.

Dari pengamatan saya pribadi ada beberapa perilaku yang sering dilakukan oleh pengendara kendaraan yang disadari atau tidak dapat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain yaitu:

  1. Memacu kendaraan melebihi batas kecepatan normal selengkapnya klik disini
  2. Menyalip kendaraan tanpa perhitungan
  3. Menggunakan alat komunikasi, Handphone, saat mengendarai motor
  4. Tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, terutama Traffic Light.

Kecelakaan lalu lintas memang adalah sebuah resiko yang suka atau tidak harus diterima oleh pengguna jalan. Namun semua itu dapat diminimalisir jika para pengguna kendaraan bermotor lebih berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya serta lebih mematuhu rambu-rambu lalu lintas yang dipasang demi keselamatan kita bersama. Karena sekali lagi tanggung jawab di jalan bukanlah satu-satunya mutlak milik pihak kepolisian selaku penegak hokum, namun juga oleh kita selaku pengendara kendaraan bermotor demi kenyamanan dan keselamatan kita bersama di jalan raya

sumber gambar : http://eriwinardi.wordpress.com/2010/11/30/tips-berkendara/

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

2 thoughts on “Ngebut….!!!

  1. Mari bersoleh-soleh di jalan 😀

    Posted by elfarizi | April 9, 2012, 4:37 pm

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: