//
you're reading
Tips

Ketika Handphone Terendam Air!

Pernah suatu ketika hp aku nggak aktif tombolnya ketika dipencet, awalnya Cuma tiga tombol bagian bawah yakni tanda bintang, angka nol, dan tanda pagar. Sontak saja aku menjadi kuatir dan langsung berinisiatif mengipas dengan menggunakan kipas angin karena aku yakin bahwa kejadian ii disebabkan akibat aku tanpa sadar mengguyur tanganku dengan air ketika aku masih menggenggam hp ku beberapa jam sebelumnya.

Aku membiarkan hp tersebut terkipas beberapa jam oleh kipas angin, setelah itu aku mencoba menekan tombolnya kembali, sembuh kah? Jawabnya tidak malahan makin parah karena kini tinggal beberapa tombol yang masih berfungsi dengan baik.

Aku sempat sangat kuatir karena hal tersebut sampai akhirnya adik aku memberikan saran agar aku membuka cashing dan baterai hp kemudian merendamnya dalam beras. Aku sempat bertanya-tanya dalam hati apa ia dengan cara ini bisa berhasil. Akhirnya kulakukan saja saran tersebut dan aku merendam hp tersebut semalaman dalam beras.

Keesokan harinya aku mencoba memasang kembali baterai dan cashing yang semalam kulepas untuk mengaktifkan hp itu lagi, hasilnya ternyata positif, tombol hp yang tadinya tidak berfungsi kini sudah bisa digunakan lagi. Tapi kebahagianku itu hanya bertahan sebentar saja karena beberapa menit beberapa tombol kembali tidak berfungsi bahkan ada tombol yang berfungsi tidak sebagaimana fungsinya.

Cara yang sama kemudian aku ulangi lagi dan hasilnya sama saja, Cuma bertahan beberapa menit. Akhirnya aku berinisiatif merendam hp tersebut dalam beras sambil membungkusnya dengan tisu. Hal ini aku lakukan karena berhara agar tisu tersebut dapat menyerap air yang masih ada dalam hp itu. Hasilnya ternyata hp itu kembali dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Awalnya aku pikir hal tersebut konyol, aku baru tahu ternyata salah satu langkah ketika hp basah kuyup adalah merendamnya dalam beras ketika aku membaca sebuah artikel dari detikNET. Berikut ini ada beberapa tips dari detikNET untuk teman-teman yang mengalami hal yang kurang lebih sama dengan apa yang saya alami .

1. Jangan Panik
Sepele memang, namun ini benar-benar penting. Biasanya orang yang baru tersadar bahwa perangkat genggam kesayangannya telah tercebur lantas panik. Akibatnya, ia malah tidak berbuat apa-apa, hanya meratapi keadaan.

Padahal jika tidak panik dan bisa mengendalikan emosi, ia dapat mengambil langkah yang lebih bermanfaat. Segera keluarkan ponsel itu dari zona ‘berbahaya’ dan lakukan tindakan pertolongan pertama.

2. Keluarkan Baterai
Inilah tindakan pertama yang harus dilakukan ketika ponsel Anda tercebur atau basah lantaran kehujanan, keluarkan baterai. Langkah ini harus diambil dengan cepat untuk menyelamatkan sirkuit-sirkuit di perangkat tersebut agar tidak rusak terkena air. Tak lupa, lepas juga segala aksesoris yang melekat pada ponsel, seperti cover dan gantungan kunci.

3. Keringkan
Ada banyak cara untuk mengeringkan ponsel yang tengah basah. Cara sederhana yang direkomendasikan adalah dengan mengelapnya dengan handuk atau tisu. Jika tidak ada, menggunakan sapu tangan juga bisa menjadi pilihan.

Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati, jangan terlalu banyak menggoyang dan menggerakkan ponsel tersebut. Selain itu, usahakan agar partikel-partikel kecil dari handuk atau bahan yang digunakan untuk mengelap agar tidak tertinggal di bagian dalam ponsel.

4. Vacuum Cleaner vs Hair Dryer
Terdengar lucu memang, namun menggunakan alat penyedot debu (vacuum cleaner) dapat bermanfaat untuk mengeluarkan sisa-sisa air di dalam perangkat ponsel Anda.

Di sisi lain, jangan coba menggunakan hair dryer. Ingat, kedua alat ini (vacuum cleaner dan hair dryer) memiliki cara kerja berbeda. Vacuum beroperasi dengan cara menghisap, sedangkan hair dryer malah bekerja dengan menyemburkan angin. Nah, sifat hair dryer inilah yang berpotensi untuk mendorong sisa-sisa air yang ada di ponsel untuk terjerembab lebih jauh ke bagian dalam perangkat.

5. ‘Kubur’ dalam Beras
Simpan ponsel yang habis ‘main basah-basahan’ tersebut pada sesuatu yang dapat menyerap air. Metode yang paling populer adalah menempatkannya di wadah yang berisi beras. Pasalnya, beras memiliki sifat untuk menyerap kelembaban. Ini berlaku pada segala macam jenis beras. Perlu waktu untuk melakukan cara ini, atau akan lebih baik jika ponsel tersebut ‘dikuburkan’ saja semalaman.

6. Sabar
Setelah semua langkah di atas dilakukan, kini ‘jurus’ terakhir adalah soal kesabaran. Pengguna diimbau untuk tidak langsung kembali menyematkan baterai dan coba menyalakan ponsel tersebut ketika sudah menjalankan cara-cara di atas. Ada baiknya, tunggu setidaknya 24 jam. Satu hal penting terakhir, jangan lantas terburu-buru untuk membeli ponsel baru, sebab biasanya dengan cara-cara di atas banyak ponsel yang basah kuyup bisa terselamatkan.

semoga berhasil!!!

link:

http://www.detikinet.com/read/2011/05/25/115455/1646506/510/6-langkah-menyelamatkan-ponsel-yang-basah-kuyup

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

7 thoughts on “Ketika Handphone Terendam Air!

  1. hahhaaa, ane jg prnh ngalamin ky gni nih sob. mlah lg tu lbh parah, tu HP msk k lobang WC. 😀

    Posted by Marczumi Rumambay | March 18, 2012, 4:10 pm
  2. sedih…. hp masuk lubang wc…. huhuhu……

    Posted by gie anyar | May 14, 2012, 7:17 pm

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: