//
you're reading
Psikologi Komunikasi, Psikologi Sosial, Tips

Berkenalan dengan Orang Baru

Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa ada orang lain disekitar kita. Kalimat ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebagai seorang manusia, kita tidak akan dapat mempertahankan kelangsukan hidup tanpa ada orang lain di sekitar kita. Disinilah pentingnya kita melakukan proses sosialisasi.

Dengan   sosialisasi kita dapat melakukan interaksi dan hubungan dengan orang lain. Tentu saja hubungan yang kita harapkan adalah hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme).

Sosialisasi yang kita lakukan tidaklah begitu sulit, apalagi ketika kita melakukan interaksi dengan orang-orang yang sudah lama berkenalan dengan kita. Namun, permasalahan kemudian muncul ketika kita hendak bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman-teman di lingkungan yang baru.

Tidak banyak diantara kita yang dapat langsung mendapatkan teman atau mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik di lingkungan yang baru. Agar dapat mengatasi hal tersebut maka kita perlu mengetahui bagaimana cara-cara yang efektif ketika berkomunikasi dengan orang lain  sehingga kita dapat dengan mudah mendapatkan teman dan dapat menjadi bagian dalam lingkungan tersebut.

jurus Berkenalan dengan Orang Baru

Dalam menjalin sebuah hubungan dengan orang lain tentunya tidak berjalan dengan begitu saja. Ada sebab musabab mengapa kita dapat menjalin dengan orang lian. Hal itu adalah sebuah pertemuan. Pertemuan saja tidak ada artinya jika tanpa adanya suatu interaksi diantara keduanya. Karena hanya berjalan begitu saja tanpa sebuah perkenalan atau sapaan yang bersifat mendekatkan diri.

Terkadang seorang merasa enggan untuk memulai percakapan dengan seseorang bila tiada salah satu merelakan untuk memulainya. Di dalam ilmu berhubungan dengan orang lain, ada satu kunci yang saya kira menarik untuk dimengerti sebagai modal menjalin suatu hubungan. Kunci tersebut adalah jurus 1 meter 30 detik. Maksudnya adalah saat anda berhadapan/ duduk bersampingan dengan seseorang yang sebelumnya belum anda kenal, berjaraka satu meter sebelum 30 detik beranikanlah diri anda untuk memulai percakapan.

Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi kekakuan yang tidak diharapakan selanjutnya. Dasar watak manusia memanglah tinggi ego. Mereka merasa tidak mau menyapa jika tidak diawali sapaan terlebih dahulu dari lawan bicaranya. Maka dari itu, gunakanlah jurus tersebut untuk mengawali sebuah pembicaraan. Tujuannya agar suasana hangat tidak membeku. Anda dapat berbasa-basi menanyakan tujuan mereka, atau dengan memberikan senyum kepada mereka. Hal tersebut adalah salah satu cara mencairkan suasana. Untuk selanjutnya anda dapat membicarakan hal-hal yang sekiranya dapat mempererat hubungan.

Sekali lagi, milikilah keberanian untuk memulai sebuah pembicaraan dengan sesegera mungkin. Awali dengan sapaan atau senyum ramah sebagai tanda pembuka diri. Buanglah rasa ego yang bersifat merugikan diri Anda. Ingatlah Anda adalah makhluk sosial. Tunjukkan sinyal perkenalan Anda sebelum 30 detik berlalu sejak pertemuan dimulai. Membaurlah dengan semua orang. Jangan merasa diri Anda tidak membutuhkan orang lain. Manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, dan semua itu diawali sebuah jalinan hubungan.

*Sumber jurus : Cahyo Satria Wijaya. 2011. 19 Menit Menaklukkan Orang-orang di Sekitar Anda. Immortal Publisher. Yogyakarta

WARNING!!! jURUS INI BERLAKU BAGI LAKI-LAKI DAN LAKI-LAKI SERTA WANITA DAN WANITA, jurus ini tidak akan ampuh digunakan untuk lawan jenis

sumber gambar : rbonetwork.blogspot.com

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

2 thoughts on “Berkenalan dengan Orang Baru

  1. awali dengan sapaan dan senyuman yang pasti..

    Posted by aipelcomputer | April 20, 2013, 6:02 pm

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: