//
you're reading
Hanya Opini, Opini

DUALISME PSSI SEBAGAI BUKTI ke-ESAAN TUHAN

Masalah demi masalah hingga kini masih mendera insan sepak bola Indonesia  belum dan belum dapat terselesaikan dengan baik. Masalah yang sedang muncul kepermukaan saat ini adalah terjadinya dualisme di tubuh PSSI yang disebabkan karena adanya pihak-pihak yang kecewa dengan kebijakan-kebijakan PSSI saat ini yang untuk sementara dipimpin oleh Bapak Djohar Arifin.

Sebelum beliau terpilih, menjadi ketua umum PSSI, hal serupa terjadi pada kepemimpinan Bapak Nurdin Halid. Banyak pihak yang tidak setuju bila beliau terus memimpin induk organisasi tertinggi sepak bola tanah air karena dianggap membawa kepentingan politik kelompok tertentu. Salah satu buah dari kekecewaan tersebut adalah munculnya liga yang dianggap illegal yakni IPL. Hasilnya Indonesia pun terancam ancaman oleh FIFA selaku induk oraganisasi tertinggi di dunia. Hal ini membuat insan sepak bola Indonesia semakin mendesak pimpinan kala itu, Bapak Nurdin Halid, untuk segera turun dari kursinya.

Tidak lama berselang bapak Nurdin Halid pun lengser dan digantikan oleh Bapak Djohar Arifin yang diharapkan akan membawa angin segar dan perbaikan bagi sepak bola Nasional. Harapan seluruh pencinta sepak bola Indonesia berada dipundak beliau.

Banyak perubahan yang beilau lakukan setelah menjabat ketua umum PSSI. Beberapa kebijakan tersebut adalah mengganti pelatih timnas senior saat itu Alfred Riedl dengan pelatih PSM Makassar Wim Rijsbergen dan mengganti nama ISL menjadi IPL sebagai kasta kompetisi tertinggi di tanah air. Tak pelak keputusan ini mendapat reaksi dari berbagai pihak karena di anggap tidak tepat, terutama keputusan mengganti Alfred Riedl yang terbukti ampuh menangani timnas senior di Piala AFF.

Pihak-pihak yang tidak setuju dengan keputusan tersebut, termasuk badan internal PSSI seperti PT Liga Indonesia, akhirnya kembali menggulirkan ISL yang ternyata diikuti oleh sebagian besar klub-klub elit tanah air yang juga kecewa dengan PSSI atas keputusan-keputusan controversial terkait bebrapa tim yang diikutkan PSSI bermain di IPL. Tidak hanya sampai disitu, mereka kemudian membentuk KPSI “Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia” yang berencana menyelenggarakan Konfrensi Luar Biasa di awal bulan maret mendatang. Tujuan mereka jelas yakni menyelamatkan persepak bolaan Indonesia.

Dualism di tubuh PSSI ini terjadi karena adanya pihak-pihak yang sama-sama merasa punya kekuasaan untuk mengatur dan membawa persepakbolaan di tanah air kea rah yang lebih baik.

Sekarang saya ingin membawa anda menuju apa yang hendak saya sampaikan melalui tulisan ini. Bagi penulis dualism di tubuh Induk organisasi sepak bola mengajarkan kepada kita bahwa yang berkuasa atas segala sesuatu haruslah satu, karena jika tidak akan terjadi perselisihan-perselisihan yang kemudian dapat timbul jika pengambil kebijakan dan pengatur urusan lebih dari satu.

Ini tentu menjadi bukti bahwa Allah sebagai tuhan yang Esa dan pengatur alam semesta, tidak ada sekutu baginya dan sesembahan yang lain selainnya. Yang mengatur makhluknya, yang membagikan rezeki, mengatur siang dan malam serta hidup dan mati, yang bersemayam di atas Arsy dan yang pengawasannya atas makhluknya amatlah dekat.

Wallahu a’lam ….

 

sumber gambar :http://www.facebook.com/pages/Allah-the-One-and-Only-God-/336939110076

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

2 thoughts on “DUALISME PSSI SEBAGAI BUKTI ke-ESAAN TUHAN

  1. bagaimana bisa persepakbolaan kita maju klo kita terpecah belah…!

    Posted by rahmat | January 24, 2012, 11:12 pm
  2. Betul itu, , ,

    kita sebagai masyarakat pemerhati sepak bola merasa sedih akan hal itu. semoga permasalahan tersebut dapat cepat terselesaikan.

    Posted by Amirullah Daeng Sibali | January 25, 2012, 7:26 am

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: