//
you're reading
Kesehatan, Opini

SARIAWAN OH SARIAWAN

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya sariawan, bahkan seorang bayi pun dapat terkena sariawan.

Penyakit ini memang tidak tergolong ke dalam kategori penyakit berbahaya, namun jika sampai terkena penyakit ini maka aktivitas apapun yang kita lakukan dapat terganggu atau tidak maksimal hasilnya.

Saya pribadi sudah sangat akrab dengan penyakit ini. Sering sekali ia mampir dan menimpa diriku, terutama dikala aku jarang atau terlambat mandi pagi. Hal ini disebabkan karena saya tergolong pribadi yang memiliki panas tubuh yang cukup tinggi sehingga rawan terkena panas dalam yang mengakibatkan sariawan.

Sariawan sendiri dapat terjadi akibat virus, bakteri jamur non-infeksi (http://duniabaca.com/penyebab-sariawan-serta-cara-mengatasinya.html).

Jika disimak dengan  lebih seksama, penyebab sariawan muncul akibat tidak terjaganya kesehatan mulut dan gigi, akibatnya virus, bakteri, dan jamur menjangkit dalam mulut, akibatnya terjadilah berbagai macam penyakit mulut salah satunya adalah sariawan.

 TIPS MENGATASI SARIAWAN

 Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi sariawan yang terjadi yang kami kutip dari tipsku.info/ /cara-mengobati-sariawan/#comment-1273

Sariawan merupakan penyakit yang sering terjadi pada masyarakat. Pada umumnya sariawan terjadi karena kekurangan vitamin c pada tubuh, sehingga menyebabkan sariawan. Sebetulnya sariawan bukanlah penyakit yang berbahaya atau bisa menimbulkan kematian. Akan tetapi sariawan dapat membuat si penderita untuk susah makan, minum dan berbicara. Selain itu sariawan akan mengakibatkan rasa sakit dan perih pada tempat adanya penyakit tersebut, bisa di mulut dan bisa juga di lidah.

– Minum yogurt
Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

– Oleskan luka dengan bawang dan pepaya
Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

– Bilas mulut dengan obat tradisional
Bilas mulut dengan salah satu dari beberapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam.

– Minum vitamin
Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan.

– Coba baking soda
Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

– Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

– jambu Air
Ambil kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang masih muda), cuci dan tumbuk halus tambah 1/2 gelas air matang, saring. Gunakan air saringan tersebut untuk kumur.

– Air Kelapa
Ambil air kelapa, jika ada air kelapa hijau. Gunakan untuk kumur dan bisa juga ditelan.

– kopi Bubuk
Ambil sedikit bubuk kopi kemudian oleskan pada bagian yang sariawan, biarkan beberapa menit, kemudian kumurlah dengan air bersih. Hingga sembuh. Insaalah akan sembuh kira-kira 2 – 3 hari.

SEMOGA BERMANFAAT

sumber gambar : http://hendrasyahputra-c.blogspot.com/2011/01/keutamaan-bersiwak.html

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: