//
you're reading
Bimbingan Konseling, Konseling, Pendidikan, psikologi Pendidikan

Aku tahu kamu tidak, Kamu Tahu Aku Tidak, Sama-sama Tahu, Sama-sama Tidak

hahahaha….

Pusing juga baca judul postingannya, aku harap para pembaca nggak ikut-ikutan pusing dengan judul tersebut.
Sesungguhnya di kesempatan ini saya cuma ingin menjelaskan tentang jendela johari, Istilah kerennya JOHARI WINDOW.

Jendela ini diperkenalkan oleh seorang psikolog terkenal dari Amerika Serikat bernama Joseph Luft dan Harrington Ingham menciptakan sebuah konsep bernama Johari Window atau Jendela Johari pada tahun 1955. Konsep ini bilang bahwa ada empat jendela yang bisa menggambarkan pengenalan diri kita (http://cepink.wordpress.com)

 

 

Dalam jendela johari terdapat empat kuadaran yang masing-masing memiliki uraian yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Kuadaran 1 disebut dengan Open Area, di sini berisi informasi atau hal-hal yang kita ketahui namun orang lain pun tahu akan hal tersebut. misalnya tentang nama kita, alamat, ciri-ciri fisik, dll.

Kuadran 2 disebut dengan Blind Area, di area ini berisi informasi tentang hal-hal yang orang lain ketahui akan tetapi kita sendiri tidak menyadari/mengetahui hal tersebut. contonya kita yang sering tidak mau mengalah dengan orang lain. Orang lain tahu betul karakter kita itu akan tetapi biasanya kita tidak menyadarinya.

Kuadaran 3 disebut dengan Hidden Area, di kuadaran ini berisi tentang hal-hal yang kita ketahui tapi orang lain tidak mengetahuinya bisa dibahasakan sebagai hal-hal yang kita sembunyikan dari orang lain. misalnya saya suka sama cewek yang namanya f***, tapi orang lain tidak tahu akan hal itu. INGAT YA… DILARANG PACARAN.

kuadran terakhir disebut dengan Unknown Area. Area ini berisikan hal-hal yang tidak diketahui oleh siapa pun, termasuk diri kita sendiri. Jadi  kuadaran ini semacam jendela misteri dalam kehidupan kita. Walaupun demikian hal tersebut tetap punya peluang untuk di ungkapkan. Caranya dengan mendatangi psikolog.

Nah… buat teman-teman yang pengen tahu apa yang kira-kira orang tahu pikirkan tentang dirikita bisa pakai jendela johari ini. caranya kumpulkan beberapa orang teman kalian, lalu berikan mereka kertas kosong dan pulpen. Lalu suruh mereka menuliskan dengan jujur apa yang mereka ketahui tentang diri kita. Hal ini akan semakin membuka cakrawala diri kita sendiri, bisa juga dipakai untuk memperbaiki diri lho…  Selamat Mencoba
wallahu a’lam ….

sumber gambar http://airyh.deviantart.com/art/Johari-Window-33742712

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: