//
you're reading
Kesehatan, Konseling, Opini, Pendidikan

DALIL TENTANG ROKOK

Setiap orang mungkin tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, bahkan anak-kecil sekalipun, karena mudah didaptkan kapan saja dan dimana saja.

Belakangan muncul kontoroversi tentang haram dan bolehnya (me)rokok. Hal ini terjadi setelah beberapa waktu yang lalu MUI (Majelis Ulama Indonesia) mengeluarkan fatwa yang mengharamkan barang tersebut. Fatwa tersebut mendapat respon yang sangat hebat dari kalangan masyarakat, terutama bagi para penikmat rokok.

Rokok memang telah menjadi bagian kehidupan pada sebagian masyarakat di Indonesia. Ironisnya konsumen rokok lebih dominan pada kalangan masyarakat menengah kebawah. Hal ini bagi saya pribadi sangat mengherankan karena harga rokok yang cukup mahal. Untuk mendapatkan sebungkus rokok kita harus merogoh kocek sebesar Rp12.000,00. Hal ini bagi saya akan lebih bermanfaat bila dipergunakan untuk hal yang lebih penting atau paling tidak ditabung saja.

Rokok juga banyak menjangkiti kalangan anak muda, termasuk teman  saya, mereka sudah sangat akrab dengan benda ini. Hampr disetiap kegiatan baik yang bersifat formal ataupun non formal rokok menjadi menu wajib yang harus hadir menemani. Sampai-sampai dada saya sakit ketika bernapas setelah hampir seharian menghirup asap rokok dalam kegiatan musyawarah jurusan.

Bagi saya pribadi rokok adalah sesuatu yang haram, karena bahan kimia yang dikandungnya yang dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya. Pendapat saya tidak jarang menimbulkan protes dari teman-teman saya. Mereka menantang saya untuk menunjukkan dalil tentang keharaman rokok dalam Al-qur’an atau pun dalam Hadits.

Semua pertanyaan mereka tidak saya gubris dengan keras tetapi hanya dengan menggunakan lelucon kecil yang sepertinya cukup ampuh. Saya mengatakan bahwa buat apa repot-repot mencari dalil dalam Al-Qur’an dan Hadits karena rokoknya saja memiliki dalil yang kuat untuk membuat saya menjauhinya. Di bungkusnya tertulis dengan jelas MEROKOK DAPAT MENYEBABKAB KANKER, GANGGUAN KEHAMIAN, IMPOTENSI, DLL. Karena saya sudah pintar membaca maka saya memutuskan untuk tidak merokok. ;P

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: