//
you're reading
Pendidikan

CARA SEHAT DI DEPAN KOMPUTER

Komputer saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas dan kehidupan manusia. penggunaannya yang relatif mudah dan manfaatnya yang besar membuat orang kian nyaman dengan benda yang satu ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan benda yang satu ini mulai dari bekerja hingga bersantai.

Namun keasyikan bermain komputer dapat menyebabkan hal yang negati pada diri kita, olehnya itu kami punya beberapa tips buat anda semua cara sehat dan aman di depan komputer yang kamu kutip dari masterdedhy-it.co.cc

1. Gunakan Komputer dengan Posisi yang Proporsional

Posisi proporsional maksudnya adalah posisi komputer dan tubuh kita harus enjoy dan cocok. Pokoknya posisi komputer dengan tubuh Anda harus sesuai. Misalnya letakkan posisi keyboard pada posisi yang nyaman dan sobat sukai, usahakan supaya letak monitor dan pandangan mata Anda tidak terlalu dekat. Usahakan ada jarak yang cukup jauh dari monitor dengan mata Anda, ya minimal 40 cm atau lebih. Yang pasti atur posisi sebaik dan senyaman mungkin ketika Anda menggunakan komputer.

2. Beristirahatlah Setiap Satu Jam

Saya yakin ketika Anda menggunakan komputer, sudah pasti posisinya duduk bukan? Atau mungkin di antara sobat ada yang memakai komputer sambil berdiri atau sambil lari di tempat? Hehehe.. nggak kan.

Dan seperti yang sudah sering kita baca dan dengar bahwa terlalu lama duduk itu kurang baik, untuk itu beristirahatlah setiap satu jam, relax kanlah tubuh Anda, lakukan gerakan-gerakan kecil seperti berjalan, atau sekedar ambil minum atau makanan.

3. Gunakan Komputer Pada Ruangan yang Cukup Cahaya

Ketika Anda bekerja dengan komputer, pastikan cahaya yang tersedia itu cukup. Bukalah jendela ruang kerja Anda (jika siang hari), tambahkan lampu jika memang dibutuhkan, pokoknya pastikan cahaya nya cukup, jangan sampai Anda bekerja pada ruangan yang kekurangan cahaya, karena itu bisa merusak mata. Nggak mau kan kalau kesehatan mata kita terganggu?

4. Beristirahatlah Jika Memang Sudah Terlalalu Lama di Depan Komputer


Jika Anda sudah benar-benar capek, istirahatlah. Kesehatan itu penting. Secara normal, tubuh tidak akan tahan jika harus duduk terlalu lama. Untuk itu sayangilah tubuh Anda, jika memang sudah teralalu lama, hentikanlah pekerjaan Anda di komputer. Matikan komputer lalu nikmatilah kehidupan Anda, Anda bisa jalan-jalan ke rumah teman, jalan-jalan pakai sepeda onthel atau apapun yang positif.

5. Setelah Selesai Bekerja di Komputer Segera Aktifkan Tubuh Anda

Duduk yang terlalu lama itu tidak baik, untuk itu harus ada kegiatan yang bisa mengimbangi duduk kita yang terlalu lama. Setelah selesai menggunakan komputer, atau jika Anda punya waktu luang, maka Anda bisa melakukan berbagai kegiatan positif, seperti berjalan-jalan , olahraga, atau mungkin memasak dan masih banyak lagi kegiatan positif yang bisa Anda lakukan, dan yang lebih pentingnya, kegiatan positif bisa meningkatkan kreativitas kita lho.

 

Demikianlah tadi bebrapa tips yang kami kutip dari Mister Dedi, semoga bermanfaat buat kita semua

SUMBER KLIK DI SINI

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: