//
you're reading
Konseling, Pendidikan, psikologi Pendidikan, Tips

HAL-HAL YANG MEMBUAT KITA GAGAL DALAM HUBUNGAN SOSIAL

disusun oleh M. Amirullah (Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling UNM Makassar 2010)

Setiap manusia tidak dapat hidup sendiri, mereka membutuhkan orang lain dalam mendukung dan membantu aktifitasnya. Walaupun manusia, perkotaan, sering bersifat individualistis dalam kehidupannya mereka tetap membutuhkan peran orang lain. Mereka membutuhkan para pedagang bahan makanan pokok untuk keperluan makannya, mereka butuh bantuan para tenaga kuli bangunan untuk membangun kediaman yang indah, dan juga membutuhkan tenaga pembantu rumah tangga dalam membantu segala pekerjaannya dirumah.

Oleh karena itu hubungan social sangat penting bagi kita sebagai seorang manusia yang normal. Terutama hubungan social dalam bertetangga. Tetangga adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan kita selain keluarga. Sebagai contoh kecil ketika kita mendapatkan musibah, maka orang yang pertama akan menolong kita adalah para tetangga yang berada di sekitar rumah kita, dan bukan para keluarga yang rumahnya berkilo-kolo meter dari kediaman kita.

Tetangga memang sangat vital perannya dalam kehidupan social kita. Islam sebagai agama yang mulia juga mengatur bagaimana hubungan kita dengan tetangga. Sampai-sampai dalam sebuah hadits rasulullah saw mengira bahwa tetangga juga akan mendapat harta warisan kita karena jibril sangan sering memerintahkan beliau untuk menghormati tetangga.

Dalam kesempatan ini saya tidak akan banyak berbicara tentang tetangga, akan tetapi saya akan membahas tentang hubungan social dengan para teman. Terkadang kita sering melihat orang-orang yang gagal dalam membina hubungan socialnya dengan orang lain. Mereka tidak mampu mendapat tempat dihati para lawan bicaranya ketika mencoba mengeluarkan pendapat. Atau pun tidak mendapat respect yang baik dari orang-orang sekitar ketika berbicara.

Beberpa hal yang sering mengakibatkan kita gagal dalam hubungan social adalah

 Sombong

Terkadang kita merasa hebat dengan diri kita dan menganggap orang lain sebagai orang yang jauh di bawah kita. Hal ini tentu merupakan suatu kesombongan yang mengakibatkan kita merasa tidak butuh dengan orang lain.

 Mau menang sendiri

Perilaku ini sebenarnya adalah kelanjutan dari sikap sombong tadi. Orang yang sombong tentu akan  sulit menerima apa yang diperbuatn dan dikatakan oleh orang lain karena menganggap bahwa kita lah yang paling benar. Sikap ini juga akan membuat kita Cuma ingin dimengerti oleh orang lain dan tidak mamu mengerti apa yang orang lain inginkan

Pembohong

Ada sebuah kata bijak yang bertuliskan kejujuran adalah modal utama dalam hidup. Saya sepakat dengan hal tersebut karena sekali kita berbohong orang akan sulit untuk mempercayai kita lagi walaupun sebelum kita berbohong kita telah mengucapkan sejuta kejujuran.

 Jarang komunikasi

Komunikasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan informasi dari si pemberi pesan kepada sang penerima pesan dalam rangka mencapai suatu kesepakatan. Terkadang komunikasi dapat membuat hubungan menjadi renggang dan sebaliknya. Dengan komunikasi pula sesuatu yang tadinya salah dapat kita luruskan. Banyak juga masalah yang kecil bisa menjadi sesuatu yang besar karena kesalahan komunikasi.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi jadi kalau ada yang ingin menambahkan silahkan beri komentar

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: