//
you're reading
Jendela Islam, Pendidikan, psikologi Pendidikan, suku Makassar, Universitas Negeri Makassar

KEBENARAN ILMIAH

disusun oleh M. Amirullah (Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling UNM Makassar 2010)

Kebenaran yang diperoleh dengan menggunakan metode tertentu yang disusun secara sistematis sehingga kebenaran ilmiah ini memiliki karakteristik-karakteristik tertentu. Karakteristik tersebut ialah:

  1. Sesuai dengan fakta,
  2. Logis,
  3. Terukur,
  4. Objektif, dan
  5. Bersifat universal.

Kebenaran ilmiah ini selalu menjadi patokan tentang benar tidaknya suatu pengetahuan. Agar pengetahuan itu dapat diterima sebagai suatu kebenaran maka setidak-tidaknya pengetahuan itu haruslah memenuhi kriteria tersebut

Namun, kebenaran ilmiah ini tidak selamanya dapat dijadikan pengangan dalam mengambil keputusan tentang benar tidaknya suatu hal disebabkan karena banyaknya keterbatasan yang kita miliki. Keterbatasan itu meliputi keterbatasan alat indera dan keterbatasan jangkauan pikiran.

Karena keterbatasan alat indera yang kita miliki, sering kali indera melaporkan hal yang tidak sesuai dengan fakta kepada kita. Sebagai contoh pesawat yang sedang melintas di udara terlihat begitu kecil oleh mata, namun kenyataannya tidak seperti itu. Contoh lain adalah pergerakan matahari yang terbit di ufuk timur dan terbenam di ufuk barat. Kita semua mengetahui bahwa bumilah yang berotasi dan berputar pada sumbunya yang mengakibatkan munculnya siang dan malam, namun yang dilaporkan oleh alat indera bahwa bumi tetap diam pada tempatnya dan mataharilah yang mengelilingi bumi.

Jadi janganlah kita terlalu mengagung-agungkan kebenaran ilmiah yang kita peroleh dengan keterbatasan indrawi ini. Karena kebenaran yang haqiqi dan hanyalah milik Allah swt, tiada sesembahan selainnya, Tuhan semesta alam.

 

NB       : Catatan matakuliah Pemahaman Tingkah Laku.

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: