//
you're reading
Konseling, LIFE SPAN DEVELOPMENT, Pendidikan, psikologi Pendidikan

CATATAN Q TENTANG LIFE SPAN DEVELOPMENT

disusun oleh M. Amirullah (Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling UNM Makassar 2010)

1. PERIODE PRAKELAHIRAN (PRENATAL PERIODE) ialah saat dari pembuahan hingga kelahiran. Periode ini merupakan masa pertumbuhan yang luar biasa – dari satu sel tunggal menjadi organism yang sempurna dengan kemampuan otak yang dihasilkan kira-kira dalam periode 9 bulan.
2. MASA BAYI (INFANCY) ialah peride perkembangan yang merentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa bayi adalah masa yang sangat bergantung kepada orang dewasa. Banayak kegiatan psikologis hanyalah permulaan – bahasa, pemikiran simbolis, koordinasi sensoris dan belajar social, misalnya.
3. MASA AWAL ANAK-ANAK (EARLY CHILHOOD) ialah periode perkembangan yang merentang dari akhir masa bayi hingga usia 5 – 6 tahun: periode ini kadang-kadang disebut “tahun-tahun pra sekolah”. Pada masa ini anak-anak belajar semakin mandiri (self-sufficient) dan menjaga diri mereka sendiri, mengembangkan keterampilan kesiapan bersekolah (mengikuti perintah, mengidentifikasi huruf), dan meluangkan waktu berjam-jam bremain dengan teman sebaya.
4. MASA PERTENGAHAN DAN AKHIR MASA ANAK-ANAK (MIDDLE ANDLATE CHILHOOD) i/ periode perkembangan yang merentang dari usia kira-kira 6-11 tahun, yang kira-kira setera dengan tahun-tahun sekolah dasar periode ini kadang disebut thn2 skolah dasar.
5. MASA REMAJA (ADOLSCENCE) I/ periode perkembangan transisi dari masa kanak-kanak hingga masa awal dewasa, yang dimasuki pada usia kira2 10 hingga 12 tahun dan berakhir kira2 pada usia 18 hingga 22 tahun.
6. MASA AWAL DEWASA (EARLY ADULTHOOD) i/ periode perkembangan yang bermula pada akhir usia belasan tahun atau awal usia 20an tahun dan yg berakhir pada usia 30an tahun. Ini adalah masa pembentukan kemandirian pribadi dan ekonomi, masa perkmebangan karir.
7. MASA PERTENGAHAN DEWASA (MIDDLE ADULTHOOD) i/ periode perkembangan yang bermula pada usia kira3 35-45 tahun dan merentang hingga usia 60an tahun.
8. MASA AKHIR DEWASA (LATE ADULTHOOD) i/ peride perkembangan yang bermula pada usia 60an atau 70an tahun dan berakhir pada kematian.

ASIMILASI terjadi ketika individu menggabungkan informasi baru kedalam pengetahuan yang sudah ada

AKOMODASI terjadi ketika individu menyesuaian diri dengan informasi baru

TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET:
1. TAHAP SENSORI MOTORIS yang berlangsung dai kelahiran hingga usia 2 tahun. Pada tahap ini bayi membangun pemahaman tentang dunia dengan mengkoorinasikan pengalaman2 sensor (seperti melihat dan mendengar) dengan tindakan2 motorik fisik.
2. TAHAP PRAOPERASIONAL yang berlangsung kira2 dari usia 2-7 tahun. Pada tahap ini anak2 mulia melukiskan dunia dengan kata2 dan gambar2. Pemikiran simbolis melampui hubunga sederhana antara informasi sensor dan tindakan fisik.
3. TAHAP OPERASIONAL KONKRET 7-11 tahun, anak2 dapat melaksanan operasi, dan penalaran logis menggantikan pemikiran intuitif sejauh pemikiran dapat diterapkan kedalam ontoh2 yang spesifik atau konkret.
4. TAHAP OPERASIONAL FORMAL 11-15 tahun, individu melampui dunai nyata, pengalaman2 konkret, berpikir secara absrtrak dan lebih logis

• PENDEKATAN LONGITUDINAL i/ suatu strategi penelitian yang mempelajari indivdu yang sama selama suatu periode waktu, biasanya beberapa tahun atau lebih.
• PENDEKATAN LINTAS SEKSIONAL i/ sda yang membandingkan individu-individu yang berbeda usia pada suatu kesempatan
• PENDEKATAN SEKUENSIAL i/ kombinasi rancangan lintas seksional dan longitudinal

• PERIODE GERMINAL atau periode awal … yang berlangsung pada 2pertama setelah pembuahan. Ini meliputi penciptaan zigot dilanjutkan dengan pemecahan sel, dan melekatnya zigot pada dinding kandungan
• PERIODE EMBRIONIS i/ periode perkembangan prakelahiran yang terjadi 2-8 minggu setelah pembuahan. Selama periode embrionis angka perubahan sel menignkat, system dukungan bagi sel menginkat, dan organ2 mulain tampak.
• ECTODERM ialah lapisan paling dalam yang akan menjadi system saraf , penerima sensor, dan bagian kulit
• ENDODERM ialah lapisan tengah, yang akan berkembang menjadi system pernapasan dan pencernaan
• MESODERM ialah lapisan tengah yang akan menjadi system peredaran, tulang, otot, system eksresi dan system reproduksi.

• REFLEKS MENGISAP terjadi ketika bayi yang beru lahir secara otomatis mengisap benda yang ditempatkan di mulut mereka
• REFLEKS MENCARI terjadi ketika pipi bayi dibelai/diusap atau pinggir mulutnya disenuth. Sebagai respon bayi itu memalingkan kepalanya kearah benda yang menyebtuhnya dalam upaya yang jelas untuk menemukan sesuatu yang dapat diisap.
• REFLEKS MORO suatu respon tiba2 pada bayi yang baru lahir yang terjadi akibat suara atau gesekan yang mengejutkannya.

• AUTISME ADAALAH gangguan perkembangan yang parah yang meliputi ketidak mampuan dalam membangun hubungan social, ketidak normalan dalam berkomunikasi, dan pola perilaku yang terbatas, berulang-ulang, dan streotip.

• ZONA PERKEMBANGA PROXIMAL, aialah istilah Vygotsky untuk tugas2 yang terlalu sulit untuk dikuasai sendiri oleh anak2, tetapi yang dapat dikuasai dengan bimbingan dan bantuan dari rang-orang dwasa atau anak2 yang lebih terampil

GAYA PENGASUHAN
• OTORITER ialah suatu gaya yang membatasi dan menghukum yang menuntut anak-anak mengikuti perintah2 orang tua dan menghormati pekerjaan dan usaha. Orang tua yang otoriter menetapkan batasan2 yang tegas dan tidak memberi peluang ang besar kepda anak2 untuk berbicara (musyawarah).
• OTORITATIF mendorong anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas2 dan pengendalian atas tindakan2 mereka.
• PERMISIVE-INDULGEN dimana orang tua sangat terlibat dalam kehidupan anak2 mereka tetapi menetapkan sedikit batas atau kendali terhadap mereka
• PERMISIVE-INDIFFERENT dimana orang tua sangat tidak terlibat dalam kehidupan anak

• HETERONOMOUS MORALITY tahap 1st perkembangan moral menurut piaget, terjadi kira2 pada usia 4-7 tahun. Keadilan dan aturan2 dibayangkan sebagai sifat2 dunia yang tidak boleh berubah, dan lepas dari kendali manusia.
• ATONOMOUS MORALITY ialah tahap 2nd yang diperlihtakan oleh anak2 yang lebih tua kira2 usia 10 tahun dan lebih. Anak2 menjadi sadar bahwa aturan2 hukum2 diciptakan oleh manusai dan dalam menilai suatu tindakan ,seseorang harus memerptimbangkan maksud2 pelaku dan juga akibat2nya.

• HARGA DIRI ialah dimensi evaluative global dari diri. Harga diri juga diacu sebagai nilai diri atau citra diri
• KONSEP DIRI mengacu pada avaluasi bidang spesifik dari diri sendiri.

• PRAKONVENSIONAL adalah tingkat yang paling rendah. Pada tingkat ini anak tidak memperlihatkn internalisasi nilai2 moral. Penalaran moral dikendalikan oleh imbalan (hadiah) dan hukuman eksternal
• KONVENSIONAL tahap 2nd

• MENARCHE adalah sebuah peristiwa yang menandai masa pubertas, namun bukan satu2 nya cirri yang muncul
• PUBERTAS ialah suatu periode dimana kematangan kerangka dan seksual terjadi secara pesat terutama pada awal masa remaja
• TESTOSTERON adalah suatu hormone yang berkaitan dengan perkembangan alat kelamin, pertambahan tinggi, dan perubahan suara pada anak laki2
• ESTRADIOL adalah suatu hormone yang berkaitan dengan perkembangan buah dada, rahim, dan kerangka pada anak perempuan

• DIFFUSION remaja yang belum mengalami krisis (eksplorasi) atau membuat komitmen apapun
• FORECLOSURE remaja yang telah mebuat suatu komitmen tetapi belum mengalami suatu krisis
• MORATORIUM remaja yang selalu berada ditengah2 krisis tetapi komitmen mereka tidak ada
• ACHIEVEMENT remaja yang telah mengalami suatu krisis dan telah membuat suatu komitmen

TEORI TIPE KEPRIBADIAN
1. REALISTIK menyukai aktivitas diluar ruangan dan bekerja dalam kegiatn manual. Seringkali tidak bersosialisasi, mengalami kesulitan dalam situasi yang menuntut, dan lebih suka bekerja sendirian atau dengan orang yang tipe minat sama.
2. INVESTIGATIF lebih tertarik kepada gagasan bukan kepada orang. Tidak menyukai hubungan social dan merasa terganggu oleh situasi yang sangat emosional serta biasanya dipandang oleh orang lain sebagai penyendiri dan orang yang sangat cerdas
3. ARTISITK memilki orientasi kreatif. Individu2 ini menikmati bekerja dengan ide2 dan mengeksplorasi bahan untuk mengkespresikan dirinya dengan cara yang baru.
4. SOSIAL orientasi terhadap bekerja untuk dan dengan orang lain.
5. WIRASWASTA lebih berorientasi pada orang dari pada terhadap hal atau gagasan. Individu semacam ini cenderung mendominasi orang lain, terutama ketika mereka ingin mencapai tujaunnya.
6. KONVENSiONAL menyukai bekerja dengan anka dan mengerjakan tugas2 adminsitrasi, tidak suka bekerja dengan ide2 dan orang

CINTA YANG PENUH AFEKSI ATAU KEBERSAMAAN adalah tiep cinta yang terjadi ketika hasrat individu untuk berada dekat dengan orang lain dan melibatkan perasaan yang dalam dan saying terhadap orang tersebut
FASE-FASE MENJELANG KEMATIAN dari kubler-ross
1. PENOLAKAN DAN ISOLASI orang menolak bahwa kematian benar2 ada. Namun penolkan biasanya pertahanan diri yang bersifat sementara dan kemudian digantikan dengan rasa penerimaan yang meningkat
2. KEMARAHAN dimana orang yang menjelang kematian menyadari bahwa penolakan tidak dapat lagi dipertahankan. Penolkana sering memunculkan rasa marah, benci dan iri
3. TAWAR MENAWAR dimana seseorang mengembangkan harapan bahwa kematian sewaktu2 dapat ditunda atau diundur
4. DEPRESI Dimana orang yang sekarat akhrinya menerima kematian. Pada titik ini, suatu periode depresi atau persiapan berduka mungkin muncul. Orang yang menjelang kematiannya mungkin menjadi pendiam, menolak pengunjung, serta menghaiskan banyak waktu untuk menangis dan berduka

HANYA SEKEDAR CATATAN KULIAH. SEMOGA BERMANFAAT!!!

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: