//
you're reading
Pendidikan, psikologi Pendidikan, Umum, Universitas Negeri Makassar

Silaturahmi dengan Teman Baru saat Tahun Ajaran Baru.

Bentar lagi tahun ajaran baru, artinya kita bakalan dapat kelas dan suasana baru!!!
Buat teman-teman yang baru saja menyelesaikan sekolah di SD/MI, SMP/Mtsn, SMA/MA/SMK/MAK, bakal melanjutkan pendidikan ketingkatan yang lebih tinggi lagi. Nah teman-teman akan mendapatkan suasana baru dengan bermacam-macam hal-hal baru yang lainnya, salah satuny adalah teman baru.
Bagaimana si agar kita dapat dengan mudah beinteraksi dengan orang lain yang belum kita kenal di sekolah baru kita?
Aku punya beberapa tips :
1.Jangan menampakkan wajah angkuh dan sok di depan banyak orang yang baru kita temui, terutama dalam ruang kelas kita. Tetaplah merenda dan bersikap sopan kepada semua orang. Kan kita semua sama dihadapan Tuhan yang membedakan Cuma derajat Taqwa kita kepada Allah swt. Bukan derajat, pangkat , dan kedudukan orang tua kita.
2. Senantiasa berpikiran baik kepada orang lain, jangan terlalu ciriga, walaupun demikian waspada tetap harus dijaga. Karena biar bagaimana pun orang-orang disekitar kita adalah orang baru yang belum kita kenali dengan baik.
3. mulailah berkanalan dengan orang-orang dekat yang ada disekitar kamu, misalnya teman sebangku atau mereka yang duduk dibelakang dan didepan kamu. Mulailah dengan menayakan nama dan asal sekolah, atau mengapa memilih sekolah ini, dll yang bersifat umum. Tentu saja masih tetap dengan cara-cara yang sopan dan baik dan tidak menyinggung perasaan. Jangan terlalu berlebihan bertanya hingga ke hal-hal yang bersifat pribadi seperti pekerjaan orang tua, atau nomor HP mereka.
Mungkin hanya itu bebeapa tips yang dapat saya berikan. Silahkan mencoba dan selamat mencari teman yang mampu mendukung dan menasehati dalam kebaikan!!
Ingat!!! bagi yang bersekolah di sekolah Umum Jangan mencari teman yang berlawanan jenis, cukup laki-laki dengan laki-laki atau perempuan dengan perempuan agar dapat terhindar dari perbuatan dosa!!!

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

No comments yet.

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: