//
you're reading
Umum

FOKUS SNMPTN

Snmptn datang lagi, saatnya fokus…….!!!!

Demi meraih cita-cita masa depan.

Buat teman-taman yang baru aja menyelesaikan belajarnya di SMA, SMK, MA, dan sekolah menengah atas setingkat yang lainnya dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri bakalan menghadapai yang namanya SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Di SNMPTN ini teman-teman bakal bersaing dengan ribuan peserta yang lainnya. Tentu tidak mudah dong untuk menyisihkan peserta yang lain.

Untuk itu teman-teman perlu mempersiapkan diri sedini mungkin. Nggak usah nunggu esok, lusa, atau H-1. Nanti bakal repot sendiri jadinya.

Ujian SNMPTN ini terdiri dari ujian tertulis (untuk semua peserta) dan ujian keterampilan, (untuk program studi tertentu saja). Untuk ujian tertulis meliputi Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Prediktif

Tes TPA terdiri atas atas soal-soal verbal, numerik, spatial (gambar), logika dan penalaran

Dan tes bidang Studi prediktif terdiri  Tes Bidang Studi IPA dan tes bidang studi IPS.

Tes bidang studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi

Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi

Nah, sekarang saya akan memebrikan beberapa tips.

  1. selektif dalam memilih jurusan. Saran saya jangan memilih jurusan karena jurusan tersebut banyak dipilih oleh orang. Pilihlah jurusan yang memang teman-teman memiliki bakat dan ketertarikan di bidang tersebut. Dengan bakat yang kamu miliki ditambah dengan pembelajaran-pembelajaran yang aplikatif di bangku kuliah pasti akan bermanfaat buat kamu dimasa depan. Tapi ingat ya jangan gegabah pertimbangkan dengan matang-matang. Jangan lupa ajak orang tua berembuk juga.
  2. Ikut les Tambahan. Orang yang pandai bakal mempersenjatai dirinya dengan peralatan tempur sebelum berperang. Nah dengan mengikuti les teman-teman bakalan mendapatkan trik-trik cara cepat mengerjakan soal. Kalau teman-teman nggak mau ikut les, cobalah mengerjakan soal-soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. INGAT “sedia payung sebelum hujan”
  3. Fokus, fokus yang saya maksud adalah fokus mempersiapkan diri menghadapi SNMPTN. Tinggalkan dulu kebiasaan-kebiasaan yang tidak penting. Dari pada menghabiskan waktu bersama teman main game, atau jalan-jalan ke mall. Mending ngumpul bareng buat latihan mengerjakan soal-soal, tapi usahakan cowok sama cowok dan cewek sama cowok jangan campur baur karena bisa membuat teman-teman nggak fokus belajarnya.
  4. Persiapkan mental dan Jaga kesehatan. Ini juga penting lho, bagaimana caranya? Mempersiapkan mental caranya adalah mengikuti 3 langkah jitu di atas, dengan begitu teman-teman bakal lebih tenang menghadapi Ujian. Tapi ingat, jangan terlalu memaksakan belajar hingga larut malam, karena itu bisa mengganggu kesehatan teman-teman. Kalau kesehatan teman-teman terganggu pasti nggak bakalan bisa ikut ujian. Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Tapi ingat jangan makan terlalu berlebihan.
  5. Do’a orang tua. Jangan pernah meremehkan yang satu ini. Do’a orang tua itu manjur lho! Ingat ayat dalam Al-Qur’an yang menyatakan bahwa Ridho nya Allah tergantung Ridhonya orang tua, begitu juga sebaliknya. Jadi, minta maaf dan mohon I do’a kan sama mereka.
  6. Do’a kepada Tuhan. Bor’doa lah kepada Tuhan agar dimudahkan dalam menjawab soal-soal. Walaupun kita berusaha semaksimal mungkin tapi kita tidak mengiringinya dengan do’a pasti hasilnya nggak bakalan maksimal.

SELAMAT MENCOBA, YAKINLAH KAMU PASTI BISA melewatinya!!! Kami menunggu kalian di UNIVERSITAS!

Oleh : M. Amirullah, Mahasiswa Psiokologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Advertisements

About Amirullah Dg Sibali

Tarbiyah is The Plus One

Discussion

4 thoughts on “FOKUS SNMPTN

  1. asikkk

    Posted by hardyansyah | May 5, 2011, 9:22 am
  2. asik tapi tulisannya banyak salah……

    Posted by hardyansyah | May 5, 2011, 9:23 am
  3. cobalah menulis dulu kemudian mengkritik orang lain!!

    Posted by anakpapamama | May 7, 2011, 10:08 am
  4. i like it 🙂
    sya tunggu tulisan” yg lainnya yahh k’

    Posted by imha | May 10, 2011, 8:24 pm

Mari Berikan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: